Siswi SMU 3 Denpasar Buat Plastik Dari Ubi Kayu

Kreatif nih gan! Dua orang siswi SMU Negeri 3 Denpasar berhasil membuat plastik biodegradable atau mudah terurai dengan memanfaatkan ubi kayu atau singkong. Kedua siswi tersebut yaitu Anak Agung Sagung Suryawati dan Ni Wayan Primayanti.
Plastik Bio
Pembuatan palstik biodegradable berbahan ubi kayu ini dilakukan dengan memanfaatkan kandungan zat pati yang tinggi yang terdapat dalam ubi kayu. Mengingat selama ini pati sering digunakan sebagai polimer plastik karena ekonomi, dapat diperbaharui dan memberikan karakteristik yang baik.
Salah satu siswa pembuat plastik dari ubi kayu, Anak Agung Sagung Suryawati pada keterangannya di Denpasar, Kamis (30/9) berharap dengan penemuan ini kedepan akan dapat mengurangi penggunaan plastik yang terbuat dari minyak bumi. Sebab plastik yang terbuat dari minyak bumi sulit terurai dan mencemari lingkungan.
Apalagi plastik biodegradable yang terbuat dari ubi kayu ini mempunyai keunggulan lain yaitu bisa dimakan.
”setelah dilakukan uji karakteristik, uji kelarutan dalam air, kelarutannya juga tinggi, jadi tidak berdampak buruk pada kesehatan,” ujar Anak Agung Sagung Suryawati.
Salah satu siswa pembuat palstik dari ubi kayu, Anak Agung Sagung Suryawati menambahkan secara kualitas plastik biodegradable yang terbuat dari pati ubi kayu tidak jauh berbeda dengan plastik yang umumnya dibuat dari minyak bumi. Belum lagi bahan plastik berupa ubi kayu cukup mudah didapatkan di Indonesia.
Siswi SMU 3 Denpasar Buat Plastik Dari Ubi Kayu Siswi SMU 3 Denpasar Buat Plastik Dari Ubi Kayu Reviewed by yunanto on Senin, Oktober 04, 2010 Rating: 5

Tidak ada komentar :

Events

Diberdayakan oleh Blogger.