Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Dan Untuk Kesehatan

Buah semangka atau dalam bahasa latin “citrullus lanatus” yaitu buah yang tanamannya menjalar, buah semangka sendiri berasal dari negara Afrika bagian selatan. Buah semangka ada yang berwarna merah serta ada juga yang mempunyai warna kuning, memiliki rasa manis serta mempunyai kandungan air yang cukup banyak.

Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan airnya. Hampir 90% kandungan dalam buah semangka adalah air. Buah semangka biasa dimakan secara langsung tanpa perlu dibuat jus.
Khasiat buah semangka selain untuk mengobati dan mencegah penyakit, buah semangka juga baik untuk ibu hamil.

Berikut beberapa khasiat buah semangka untuk ibu hamil:

Membantu meringankan rasa panas dalam perut dan penambah cairan tubuh. Karena buah semangka yang begitu segar dan mengandung banyak air
Bisa mengurangi rasa mual bagi ibu hamil
Mencegah terjadinya kram otot pada kehamilan bulan awal
Mengurangi resiko preeclampsia hingga 50 %
Membantu perkembangan otak, visual, otot, serta imun pada janin


Kandungan air yang banyak pada buah semangka bisa untuk meringankan gejala Heartburn atau rasa panas pada perut
Selain itu buah semangka juga bisa mengurangi perasaan mual
Pada masa kehamilan trisemester pertama, buah semangka bisa membantu mengurangi morning sickness dan mencegah terjadinya kram otot
Karena mengandung banyak air, sudah tentu buah semangka bisa sebagai penambah cairan dalam tubuh


Jadi untuk ibu hamil jika ingin kandungannya sehat sebaiknya banyak - banyaklah mengkonsumsi buah semangka segar, karena khasiat buah semangka untuk ibu hamil sangatlah baik.
Paling tidak konsumsilah minimal 4 potong dalam sehari, akan tetapi bagi ibu hamil yang mempunyai tekanan darah rendah sebaiknya jangan mengkonsumsi buah semangka terlalu banyak, karena buah semangka dapat menurunkan tekanan darah Anda.

======================================

Mengurangi resiko terjadinya preeclampsia hingga 50%. Preeclampsia adalah suatu gangguan yang muncul pada masa kehamilan, umumnya terjadi pada usia kehamilan di atas 20 minggu.
Buah semangka juga bisa bermanfaat untuk membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem imun pada janin yang ada di dalam kandungan.


Di samping zat-zat di atas, semangka juga mengandung zat-zat berguna lainnya. Diantaranya:

Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, dan vitamin (A,B dan C). Semangka juga mengandung, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, betain, karoten, bromine, natrium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.

Semangka juga bermanfaat sebagai Penghalus kulit serta penghilang flek hitam di wajah, dan dapat mengobati / mengurangi berbagai penyakit. Diantaranya:

* Menurunkan kadar kolesterol/mengurangi tekanan darah tinggi.
* Mencegah dan menahan serangan jantung.
* Kencing manis.
* Mengeluarkan cacing usus.
* Infeksi kandung kemih dll.

========================================

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, tentang manfaat buah semangka serta khasiat buah semangka semoga bermanfaat bagi kita semua.
Jadi untuk para ibu hamil yang ingin sehat sekaligus segar, konsumsilah buah semangka setiap hari. Biar tidak bosan, ibu bisa menkreasikan buah semangka dengan mengolahnya menjadi jus atau di potong- potong.
Ditulis oleh
Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Dan Untuk Kesehatan Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Dan Untuk Kesehatan Reviewed by yunanto on Senin, Oktober 14, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar :

Events

Diberdayakan oleh Blogger.